Apa Beda Rockwool Dan Glasswool Tebal 5cm Sekarang ?

Apa Beda Rockwool Dan Glasswool Tebal 5cm Sekarang ?

Perbedaan Rockwool Dan Glasswool

Seringkali pelanggan saya bingung antara kedua hal tersebut. Pertanyaan yang paling sering saya temui adalah bagaimana perbedaan antara rockwool dan glasswool. Jika Anda belum pernah mendengar kata-kata ini sebelumnya, cukup lihat gambar di bawah ini.

Gambar tersebut menjelaskan bahwa untuk membuat ruangan yang terisolasi dari suara, panas dan perbedaan suhu, material disimpan di antara dinding-dinding (Drywalls) dan atap.

Glasswool terbuat dari campuran kaca alami dan daur ulang, sementara Rockwool terbuat dari batuan vulkanik yang merupakan sumber daya yang melimpah.

Rockwool memiliki kekuatan tekan yang luar biasa dan dapat dibuat hingga 200 kg densitasnya. Kekuatan tekan Glasswool lebih rendah dari Rockwool.

rockwool dan glasswool

Rockwool bisa menahan suhu sampai 1000° C (1800° F), walaupun kain Glasswool meleleh di sekitar 600° C (1100° F).

Glasswool lebih unggul dan efisien harganya pada berat yang lebih rendah, sementara Rockwool 10% lebih tebal untuk memberikan hasil yang sama.

Rockwool tahan air secara total sedangkan Glasswool bisa mengizinkan air untuk masuk ketika punya densitas yang sangat rendah.

Meski rockwool dan glasswool memiliki kapabilitas akustik yang baik, Rockwool lebih diutamakan untuk hasil yang lebih tepat.

Rockwool memiliki kelebihan ketika diterapkan dalam aplikasi bertekanan tinggi seperti di pabrik boiler, sistem HVAC karena memiliki kapasitas isolasi yang lebih tinggi dibandingkan Glasswool. Glasswool lebih disukai untuk keperluan residental dan komersial.

Indeks R-value dari fiberglass adalah sekitar 2.2 hingga 2.7 per inci, sementara Rockwool memiliki angka 3.0 – 3.3 per inci. Hal ini menjadikan Rockwool lebih baik daripada Glasswool untuk perlindungan termal.

Putar Video

MENU